06 January 2013

Hari ke-5 : Nasehat Jawa

Daripada keteteran lagi seperti kemarin, saya memutuskan untuk break nulis tentang musik-musik. Harapannya sih di hari-hari kedepan waktu saya sudah 'selo' saya baru akan nulis lagi tentang musik plus latihan menulis review yang niat dan tidak terburu-buru seperti posting kemarin. Hehehe 


Beberapa waktu yang lalu saya menemani budhe jalan-jalan ke Malioboro, lebih tepatnya ke Mirota Batik. Begitu masuk, ada sesuatu yang begitu menarik saya yaitu papan berdiri yang bertuliskan nasehat berbahasa jawa "URIP SEJATINE GAWE URIP". Jangan khawatir, dear teman-teman yang tidak bisa berbahasa jawa. Tepat di bawahnya ada terjemahan maksud dari nasehat tersebut, yakni "Hidup seharusnya memberi kehidupan yang baik bagi sekitarnya". 

Benar juga ya. Kita sebagai manusia akan menjadi manusia yang seutuhnya jika kita telah berguna bagi manusia lain yang membutuhkan. Kata kuncinya adalah 'berbagi' dan 'menerangi'. Bagaimana dengan berbagi kita bahkan bisa merasa lebih, merasa bahwa ilmu kita tidak berkurang tapi bertambah lebih banyak lagi, pun kita bisa mendapat ilmu baru yang kita serap dari orang lain. Dan juga bagaimana hal sekecil apapun yang kita bagikan dapat memberi pencerahan bagi orang-orang di sekitar kita.

Agak 'njelimet'?




Saya mungkin masih terlalu muda untuk muluk-muluk bilang kita harus berbagi, kita harus berguna, dan lain sebagainya, karena secara ilmu saya sadar saya masih bisa dibilang anak bawang. Tapi dari nasehat berbahasa Jawa yang terpampang di Mirota Batik itu lah yang memberi semangat kepada saya bahwa sesungguhnya sekecil apapun bantuan, sekecil apapun kita berbagi, kita sudah berguna dan bisa memberi ide atau wawasan baru bagi orang lain.


Saya salut. Gerakan #30HariBercerita ini saya rasa menjadi gambaran yang riil terhadap nasihat jawa itu. Urip sejatine gawe urip. Biar terlambat posting, yang penting sudah berusaha berbagi dengan orang lain. *ngeles*

2 comments:

  1. kereeeen!!! sukaaa tulisannya... semoga kita bisa terus berbagi :)

    ReplyDelete