05 May 2019

I'm DEAFinitely Confidence

Kurang lebih itu lah kata-kata yang sempat terlintas di pikiranku dan akhirnya dijadikan jargon acara yang digarap oleh aku dan teman-teman sekelas di MM, hingga dijadikan tulisan di kaos dalam rangka mengkampanyekan kepedulian terhadap Teman Tuli.








Acara yang berlangsung pada Sabtu, 4 Mei 2019 kemarin, awalnya hanya dimaksudkan untuk menunaikan tugas kuliah saja. Namun pada akhirnya, hati kami semua tersentuh dan terenyuh saat berkomunikasi dengan mereka. Mulai saat mereka satu per satu datang ke tempat acara, hingga penyampaian materi tentang bahasa isyarat. Salah satu yang paling mengena adalah pada saat penampilan tari dari adik-adik SLB Karya Mulya. Mereka yang hidup dalam dunia yang sunyi bisa mengekspresikan diri melalui seni tari. Pada saat ini lah tidak sedikit dari kami panitia yang menitikkan air mata haru.

Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan kesadaran Teman Dengar bahwa di sekitar mereka ada Teman Tuli yang perlu diperhatikan kebutuhan berkomunikasinya. Mereka selama ini sudah berusaha susah payah memahami kita dengan cara memperhatikan gerakan bibir saat berbicara, kini saatnya kita berusaha memahami mereka dan berusaha mempelajari bahasa mereka, bahasa isyarat, agar komunikasi dapat terjalin dengan lebih lancar.

Salah satu bentuk keberhasilan acara ini menurutku salah satunya adalah saat peserta tidak lagi bertepuk tangan seperti biasanya, tapi bertepuk tangan dengan bahasa isyarat (tanpa suara) sejak setengah acara, setelah sosialisasi dari Kartu (Komunitas Arek Tuli) Surabaya.

No comments:

Post a Comment