03 January 2013

Hari ke-3 : Menggiatkan #1Bulan1CD

Di era globalisasi yang serba digital ini rasanya penyimpanan dan pertukaran data soft file menjadi sangat mudah. Kita bisa klik dan upload apapun cukup dengan duduk manis dirumah untuk bisa dinikmati orang-orang seantero dunia. File sharing yang biasa kita lakukan adalah download. Pasti banyak diantara kita yang lebih banyak mengunduh daripada mengunggah, terutama untuk urusan musik. Betul begitu sodara-sodara?

Nah, Gerakan #1Bulan1CD ini awalnya dicetuskan oleh teman saya yang bernama Theo Cahya. Dia juga pernah menulis hal serupa di blognya [link]. Kalau dihitung-hitung, Theo sudah menjalankan gerakan ini secara disiplin selama hampir 1,5 tahun. Ya, saya harus bilang WOW untuk kedisiplinannya! 

Gerakan ini awalnya diusung dengan semangat memperbaiki mental diri sendiri yang sering download album dari berbagai artis dengan maruk dan membabibuta. Bayangkan, band-band yang karyanya kita download itu rekaman di studio dengan tidak gratis. Proses mixing lagu juga bayar lagi. Belum lagi manajemen, sound engineer, dan kru-kru lain yang juga butuh duit dari hasil kerja mereka dengan band-band itu. Memang sih, mereka akan dapat bayaran yang besar dari hasil manggung sana sini. Tapi coba kita lihat, begitukah cara kita mengapresiasi karya yang muncul dari tingkat intelektualitas tertinggi manusia? Dengan cara mengunduh secara cuma-cuma? Saya rasa tidak. Jadi, meski awalnya men-download, kami sudah berjanji untuk segera membeli album fisik mereka begitu tersedia di toko musik dan begitu urusan keuangan juga sudah mencukupi. 

Gerakan serupa juga sebenarnya pernah kami baca di blog seseorang waktu Theo sedang blog-walking. Rasanya senang sekali mempunyai "teman" yang juga memiliki semangat yang sama. Sayangnya saya lupa blog orang itu. Kalau suatu saat kamu membaca ini, saya rasanya kepingin dadah-dadah dan bilang "Mari lanjutkan perjuangan kita!!!!" Oke, agak lebay. 



Kenapa 1 Bulan "cuma" 1 CD?

Sebenarnya menurut saya sah-sah saja kalau kita mau beli 5 CD sekaligus dalam satu waktu atau bahkan merapel 6 CD untuk 6 bulan yang bolong. Yang terpeting sebenarnya adalah apresiasi terhadap karya seni dan memperbaiki mental download gratisan. Hanya saja, seringkali kita yang mahasiswa dan pelajar ini sulit mengalokasikan uang jajan yang terbatas untuk jumlah besar, misal beli 5 CD sekaligus dalam satu waktu. Lain halnya kalau kita "mencicil" membeli 1 CD dalam 1 Bulan. Paling kita hanya akan mengeluarkan 25-40ribu rupiah untuk album musisi lokal.


Saya pribadi, suka mengoleksi CD. Terutama CD karya anak negeri yang awalnya saya lihat performa mereka lewat situs YouTube atau Soundcloud, atau referensi dari orang-orang sekitar. Kadang pun kalau tidak ada ide mau beli album apa, saya dengan random-nya memilih CD dengan artwork yang bagus atau unik. Sayangnya, saya masih tidak sedisiplin Theo; asal ada duit, langsung beli 3-4 CD. Rasanya memang kurang "nyeni" sih dibanding Theo yang bisa menjajarkan dengan rapi ke-12 CD yang sudah dikumpulkannya sejak bulan pertama hingga bulan keduabelas. Mungkin ke-tidak-nyeni-an itu lah yang akan saya benahi dan saya masukkan sebagai salah satu resolusi di tahun 2013.


CD adalah rekaman fisik yang saat ini saya dan Theo rasa paling berharga dari seorang atau sekelompok musisi. CD akan sangat berbeda dengan file unduhan yang telanjang tanpa cover, wadah, dan karya seni visual yang secara custom dibuat berbeda antara CD satu dengan yang lainnya. Di awal Theo menggiatkan gerakan ini, dia dengan menggebu-gebu mengiming-imingi saya, "Tau nggak, CD Mocca yang album pertama ada yang jual di Kaskus harganya 250ribu dan laku! Bisa jadi CD-CD yang kita beli sekarang value-nya naik banget Bon waktu kita tua nanti. Besok kalo kita nggak punya duit, tinggal jual-jualin CD kita aja. Kayak vinyl di jaman sekarang gitu Bon!"



Jadi,
Ada saran album siapa yang sebaiknya saya beli di bulan Januari ini? :)



SNEAK PEEK!
WHAT'S ON THE NEXT POSTS




17 comments:

  1. I'll recommend Tristan, dia band demajors, musiknya bagus dan enak banget. Gue berencana beli CDnya juga nih. Salam kenal, sesama peserta 30 hari bercerita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh gilaaak enak banget lagunya Tristan. Baru tau dan langsung search soundcloudnya. Saatnya berburu!! Hahahaa.
      Salam kenal juga, Gladhys. Makasih banget ya rekomendasinya :)

      Delete
  2. biasanya hunting CD dijogja dimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya paling sering di Disc Tarra atau Pengerat Shop, hehehee

      Delete
  3. coba ya amazon ada yg base nya asia tenggara, jd nunggunya ga lama2 amat dan ongkos kirimnya ga mahal2 amat (._. )/|surhat|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba punya credit card sendiri. Coba punya account paypal. Coba... Coba.. Coba........ ( . .)/|

      Delete
  4. saya lagi nyari cd-nya ttatw. dimana-mana kosong. mungkin telat kali ya? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, beberapa bulan yang lalu aja saya carinya udah susah itu mas hahaha. Coba hunting di distro-distro atau Disc Tarra Carrefour. Kadang yang di Carrefour malah suka surprisingly ada album band-band yg stoknya udah jarang dimana-mana. Temen saya pernah dapet di distro daerah Jln. Cendrawasih :)

      Delete
    2. di cotton crew ya mbak bon? saya tadi udah tanya katanya gak ada.
      mau ikutan gerakan #1bulan1CD ki mbak. hehehe :D

      Delete
    3. Asiiiik :D Monggo.. Feel free aja kalo mau ikutan. Jangan lupa sharing-sharing habis beli CD apa. Hehehe :)

      Delete
  5. kalo saya boleh bantu, bbrp minggu lalu saya main ke gramedia sudirman ada cd ttatw 2 biji. coba dicek sapatau masih ada hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, suwun mas theo. besok sore saya meluncur :))

      Delete
  6. mbak bon dan mas theo, suwun sudah bantu. akhirnya cd ttatw dapet di gramedia sudirman. tinggal satu biji, wadahnya ada yang pecah sih. tapi gak papa :))
    next mungkin triangle

    ReplyDelete
    Replies
    1. hits emang ya cd ttatw di gramedia sudirman, curiga sebenernya di gudang masi ada tapi yang di display maksimal 2 :|

      Delete
    2. dan sekarang masih ada dong, duuuwwaaa

      Delete
    3. masih ada? masa iya?
      klo nyari CD luar selain di Tarra dimana ya?

      Delete